Aksi Nyata Tanam Kebaikan, Rindam IX/Udayana Hijaukan Lapangan Tembak Dodiklatpur

 


Buleleng - Pohon memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga ekosistem alam, serta memiliki banyak manfaat bagi alam sekitar dan sangat berarti untuk kehidupan manusia. Tidak hanya untuk generasi saat ini saja, namun juga untuk generasi selanjutnya. Keberadaan pohon ini termasuk salah satu aspek yang menentukan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya di masa yang akan datang.


Sehubungan dengan hal tersebut, Danrindam IX/Udayana Kolonel Inf Wirawan Eko P., S.E., M.H., pimpin rangkaian kegiatan penghijauan dengan tanam pohon di Lapangan Tembak Dodiklatpur Rindam IX/Udayana, Jln. Singaraja-Gilimanuk, Banyupoh, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng, pada Senin (4/3/2024).


Kegiatan ini merupakan fungsi teritorial yang merupakan salah satu fungsi utama TNI yang harus dilaksanakan oleh seluruh jajaran TNI AD termasuk Rindam IX/Udayana yang menjadi bagian dari Kodam IX/Udayana. “TNI AD Bersama Rakyat Bersatu dengan Alam untuk NKRI”, menjadi tema dalam kegiatan tersebut.


Mengawali kegiatan, Danrindam IX/Udayana dalam sambutannya menyampaikan bahwa menanam pohon adalah salah satu cara menanam kebaikan yang diciptakan untuk kesehatan alam dan lingkungan di masa kini dan masa yang akan datang.


"TNI AD akan selalu  hadir  di  tengah-tengah  masyarakat untuk mengatasi kesulitan dan menjadi bagian dari masyarakat dalam manjaga keseimbangan dan kelestarian alam. Hal ini merupakan kegiatan dalam upaya pemulihan fungsi alam yang memiliki peran penting bagi kehidupan yang dicanangkan oleh TNI AD," ujar Danrindam.


Pihaknya berharap kegiatan yang dilakukan hari ini dapat menjadi contoh dan kampanye bagi masyarakat untuk selalu menjaga dan melestarikan alam sekitar. "Dengan semangat gotong royong mari kita bersama-sama mulai menanam pohon untuk mewujudkan sebuah lingkungan yang lebih baik bagi kita dan generasi muda mendatang," ajaknya.


Sebelum mengakhiri sambutannya, Danrindam mengucapkan terima kasih atas nama komando dan pribadi kepada Kepala BPDAS Unda Anyar, Bali atas kerjasama dan dukungannya dengan memberikan bantuan seribu bibit pohon dan berharap kerjasama ini tidak berhenti sampai disini saja tetapi akan terus berkelanjutan karena sama-sama memiliki semangat untuk bersama menjaga kelestarian alam dan lingkungan.


Sebelumnya, kegiatan penanaman pohon tersebut diawali dengan kegiatan senam bersama oleh Ibu-ibu Persit. Setelah kegiatan penanaman pohon selesai, dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan Persit KCK Cabang X PD Rindam IX/Udayana yaitu melaksanakan pengarahan oleh Danrindam dan Ibu Ketua, lomba memasak dan Lomba merias wajah.


Pada kesrmpatan yang  sama, juga dilaksanakan kegiatan Gelar Operasional Pendidikan Dikjurtaif Abit Dikmata TNI AD Gel II TA 2024 yang dipimpin langsung oleh Danrindam yang melibatkan staf Bagdik, Bagjianbang, Katimtih, Katim Gumil dan penyelenggara operasional pendidikan yaitu Satuan Dodiklatpur.


Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Wadanrindam, para Kabag, para Katim, para Dansatdik dan Dandodik, para Kadep, para Kasi, Ketua Persit KCK Cabang X PD Rindam IX/Udayana beserta pengurus, Kepala BPDAS Unda Anyar, Bali (diwakili), Kepala UPTD KPH (Perhutani) Bali Utara dan para tokoh masyarakat sekitar. (Pendam IX/Udy)

Posting Komentar

0 Komentar