Kapolres Bandara AKBP I Ketut Widiarta Hadiri Rakor Perayaan Hari Raya Nyepi Caka 1946 Bersama Stakeholder Bandara


Polres Bandara-Bertempat di Ruang Rapat Bhisma gedung Wisthisabha PT, Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, kecamatan kuta , Kabupaten Badung hari ini Kamis (07/03/2024) dilaksanakan rapat kordinasi antar instansi yang beroperasi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dalam rangka menyongsong pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1946.


Kegiatan Rakor yang dibuka langsung oleh GM. PT Angkasa Pura I serta dihadiri oleh  Kepala Otban Wilayah IV, Perwakilan Lanud Ngurah Rai, Kapolres Bandara, Perwakilan Imigrasi, Perwakilan Bea dan Cukai, Airnav serta perwakilan dari maskapai penerbangan.


Dalam paparannya Manager airport operational terminal and landside Made Wahyu Bagia menyampaikan bahwa telah menyiapkan langkah-langakah dengan menyiagakan personel sejumlah 312 orang terdiri dari (Airport Operation & Servis, Security Avsec, Airport Facility, Airport Equipment) , Yang nantinya akan tetap melaksanakan persiapan seperti : Runway Inspection, Rubber Deposit, serta memastikan kesiapan alat Produksi Utama (Runway, Apron, Terminal, PKP-PK, Alat Navigasi, Genset) juga disampaikan dalam pelaksanaan hari Raya Nyepi nantinya akan ada sejumlah penerbangan yang tidak operasional diantaranya Kedatanga Domestik 120 fligh, Keberangakatan domestic 124 fligh , kedatangan Internasional 104 flight dan Keberangkatan Internasional 100 fligt.


Dilanjutkan paparan oleh GM Angkasa Pura I, menekankan untuk petugas keamanan 

Memastikan tidak ada penumpang yagn telantar dan menginap di Bandara,

Avsec agar Antisipasi dan koordinasi dengan Desa Adat penyangga terkait Peaksanaan Ogoh Ogoh dan kembang api sert pada hari H melaksanakan patroli perimeter mengingat bandara berdekatan dengan pemukiman penduduk ( wil kelan ) , antisipasi tindak pidana di kawasan Bandara pada Hari H

Secara resmi AP1 sudah menyampaikan Notam ke seluruh operator maskapai Dunia terkait terkait dengan Pelaksanaan Nyepi tahun caka 1946 di Bandara Ngurah Rai,

Maskapai agar menyampaikan kepada penumpang untuk datang lebih awal pada saat H-1 dan H-2 Nyepi 



Kendaraan Crew diijinkan melewati pintu selatan pada saat H-1 Nyepi demi kelancaran Aktivitas Bandara dan penerbangan dan dikoordinasikan dengan baik,

Enginering untuk kelistrikan tetap ON ( beberapa tempat memang ada Off ) hanya lampu lampu yg mati 


Sementara perwakilan dari menyampaikan bahwa Airnav tetap melakukan pelayanan 24 jam pada saat Nyepi untuk Emergency flight maupun pemanduan pesawat yang melintas dengan menyiagakan 50 orang personil dan meminimakan lampu penerangan yang mengarah keluar.


Dalam kesempatan tersebut Kapolres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai AKBP I Ketut Widiarta, S.I.K., M.Si. memaparkan situasi kawasan Bandara sampai saat ini tetap Kondusif, dan untuk kelancaran arus lalu lintas masih ada kendala yakni arus  lalin masih tersendat di jalan keluar masuk SPBU Bandara , untuk itu disarankan kepada GM Angkasa Pura I, untuk memikirkan jalan keluar agar nantinya kendaraan yg keluar -masuk SPBU Angkasa tidak bertemu. 


Terkait rangkaian perayaan Nyepi yaitu upacara Melasti yang akan dilaksanakan oleh Desa Adat Tuban pada hari Jumat tanggal 8 Maret 2024 , dan sesuai informasi intelegen bahwa Desa Adat Tuban akan mengerahkan lebih kurang 2000 warganya dalam kegiatan Melasti yang akan melintasi Jalur Bandara sekitar pukul 15.00 Wita, yang mana sesuai dengan analogi waktu bahwa pada jam tersebut aktivitas pengguna jasa Bandara mengalami peningkatan untuk itu perlu diantisipasi dengan menempatkan personel pada penggal - pengal jalan yang dilalui iring-iringan Melasti. 


Senada dengan pemaparan Kapolres Bandara GM Angkasa Pura membenarkan bahwa pihaknya telah menerima pesan dari Jero Bendesa tentang Kegiatan dimaksud dan pastinya kami mendukung dengan menempatkan Security kami pada tempat yg membutuhkan, tentunya tetap bersinergi dengan TNI-AU dan Polres Kawasan Bandara, maupun Pecalang Desa Adat Tuban, pungkasnya. (HmsdAR)

Posting Komentar

0 Komentar