Karya Bakti Bersihkan Saluran Air, Personel Kodim 1009/Tanah Laut Gandeng Kelompok Tani Harapan Kita Desa Jorong


Tanah Laut - Demi kelancaran dalam pengolahan lahan pertanian serta mendukung kebutuhan air bagi para petani, Babinsa Koramil 1009-01/Jorong Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman mengajak warga membersihkan saluran irigasi di areal sawah milik petani yang tergabung dalam kelompok tani Harapan Kita Desa Jorong, Kec. Jorong, Kab. Tanah Laut, Kamis (07/03/2024).


Serma Sugiono selaku Babinsa Desa Jorong yang didampingi oleh mantri Tani Bpk. Sukiat, PPL Jorong Bpk. Salafuddin, Ketua kelompok tani Harapan Kita Bpk. Arbadiansyah, bergotong-royong membersihkan saluran irigasi yang kurang lancar akibat banyaknya sampah maupun tumbuhan liar yang menyebabkan aliran ait di sepanjang saluran irigasi tersebut.


Kerja bakti ini merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan program Gerakan Nasional (Gernas) yang Ketahanan Pangan (Hanpangan) yang digagas oleh pemerintah dengan memaksimalkan peran para petani yang diwadahi oleh kelompok tani Desa setempat.


“Untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, saluran irigasi yang merupakan penyedia bahan baku air untuk mendukung kebutuhan air tentunya harus dijaga bersama-sama, sehingga dapat menyuplai keseluruhan areal persawahan," ungkap Serma Sugiono.


Dirinya berharap, apabila saluran irigasi sawah lancar, maka hasil panen para petani akan lebih maksimal. Dengan demikian ketahanan pangan khususnya di Desa Jorong, Kecamatan Jorong, Kab. Tanah Laut ini dapat terwujud. Selanjutnya kesejahteraan petani juga meningkat.


"Kedepan kami berharap kepada Kelompok Tani khususnya dan warga masyarakat selalu peduli terhadap sarana irigasi, kegiatan ini secara rutin harus kita laksanakan, karena mayoritas penduduk disini bermata pencaharian sebagai petani. Semoga menjadi petani yang sukses, makmur serta sejahtera” Pungkas nya. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

0 Komentar