Program "Mekendang " ( Melasti, Mulang Pekelem dan Ngayah ) Satuan Polairud Polres Tabanan


Tabanan-Polairud Polres Tabanan dipimpin oleh KBO Satuan Polairud Polres Tabanan Ipda I Gusti Made Airmanta  melaksanakan Giat Program *"Mekendang (Melasti, Mulang Pekelem dan Ngayah)*  di Pantai Yeh Gangga Desa Sudimara Kec. / Kab. Tabanan.


"Mekendang merupakan Istilah atau Kependekan ( Singkatan )  dari Kegiatan Masyarakat  khususnya Adat Bali dalam melaksanakan Kegiatan Melasti, Mulang Pekelem dan Ngayah serta diadopsi oleh Satuan Polairud Polres Tabanan dalam program atau bentuk pemberian pelayanan kepada masyarakat  guna  menciptakan harkamtibmas.


Kegiatan Program *Mekendang (Melasti, Mulang Pekelem dan Ngayah)*  yang saat ini dilaksanakan oleh Satuan Polairud Polres Tabanan adalah *"Ngayah*" yaitu berupa  memberikan    Pengamanan kepada Warga Masyarakat  Desa Adat Selanbawak Kecamatan Marga   Kabupaten Tabanan yang melaksanakan *Ngayut Sekah   dan Nyegara Gunung* yang  merupakan rangkaian dari kegiatan Ngaben Massal  yang sudah dilaksanakan pada hari  Senin  tanggal 25  Desember 2023 di Setra  ( Kuburan ) Desa Adat Selanbawak Kecamatan Marga   Kabupaten Tabanan.


Dalam kesempatan tersebut, KBO dan Personil Satuan Polairud Polres Tabanan, selain melaksanakan Pengamanan, juga melaksanakan Dialogis dan memberikan himbauan  kepada Panitia dan warga masyarakat adat ( peserta) untuk berhati - hati serta memperhatikan keselamatan dan keamanan selama beraktivitas di pinggir pantai mengingat gelombang air laut tidak menentu (naik) akibat dari perubahan cuaca.


Kegiatan *"Ngayah* Satuan Polairud Polres Tabanan dalam memberikan Pengamanan mendapatkan apresiasi dan ucapan terima kasih dari  Panitia dan Warga Masyarakat  Desa Adat Selanbawak Kecamatan Marga   Kabupaten Tabanan yang melaksanakan kegiatan di Pantai Yeh Gangga Sudimara Tabanan.


( Humas Polres Tabanan )

Posting Komentar

0 Komentar