Polres Bandara Ngurah Rai Gelar Upacara Ngenteg Linggih, Pedudusan Alit dan Melaspas


Badung- Kantor Mapolres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai terletak di sebelah timur Bandara I Gusti Ngurah Rai atau sebelah selatan Kantor Otoritas Wilayah IV hari ini sabtu (24/2/2024) yang bertepatan dengan Purnama Kesanga dilaksanakan Upacara Melaspas, Ngenteg Linggih, Pedudusan Alit, Pecaruan Rsi Gana, dan Piodalan.  


Upacara ini di puput oleh Ida Rsi Agung Dwija Shrijaya Nararya Pandak Gede, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Prosesi upacara dimulai sejak pagi hari sekitar jam 07.00 wita. Sedangkan tiga hari sebelumnya telah dilaksanakan upacara pengeruwakan, mecaru dan nanceb taring dan sehari sebelumnya juga dilaksanakan upacara nunas tirta di sejumlah pura yang ada di sekitar Bandara I Gusti Ngurah Rai termasuk di Pura Dalem Desa Tuban. Nunas tirta juga dilaksanakan di Pura Sidakarya Denpasar Selatan dan Pura Linggarcana Polda Bali.    


Antusias para umat yang sebagian besar diikuti oleh seluruh personil Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai yang beragama Hindu beserta keluarganya.  Kemudian turut juga hadir Wakil Bupati Badung Drs. I Wayan Suiasa, S.H., selanjutnya dari perwakilan dari stakeholder di Bandara I Gusti Ngurah Rai.


Tidak ketinggalan juga mantan Kapolres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai AKBP Ida Ayu Wikarniti, S.E., mantan Kapolsek Kawasan Bandara Ngurah Rai serta para purnawirawan Polri Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai. 


Dalam keterangannya PS. Kasi Humas Ipda Nyoman Darsana seijin Kapolres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai AKBP I Ketut Widiarta, S.H., S.I.K., M.Si., mengatakan setelah selesainya pembangunan Kantor Polres Bandara I Gusti Ngurah Rai hari ini dilaksanakan upacara Melaspas, Ngenteg Linggih, Pedudusan Alit, Pecaruan Rsi Gana, dan Piodalan.


“Berakhirnya rangkaian upacara ini di akhiri dengan acara piodalan dan pelaksanaan persembahyangan bersama yang diikuti oleh seluruh anggota Polres Bandara termasuk para undangan yang lainnya,”jelasnya.   


Kasi Humas juga menjelaskan sebelum dilaksanakannya upacara hari ini, sekitar tanggal 27 Januari 2024 telah dilaksanakan peresmian bangunan Mako Mapolres oleh Bapak Kapolda Bali dan Bapak Bupati Badung bersamaan dengan beberapa proyek hibah lainnya di rumah jabatan Kapolda Bali.  


Sedangkan Kantor Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai berdiri diatas lahan seluas 1.278 M2 dengan bangunan tiga lantai. Dengan selesainya pembangunan ini Kasi Humas berharaf dapat memberikan pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat dan menjaga keamanan di kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai selalu dalam keadaan aman dan kondusif. (hms24)

Posting Komentar

0 Komentar